penangkal petir

PENANGKAL PETIR  JARINGAN TRANSMISI DISTRIBUSI  PLN  20KV / 70KV / 150KV

Tower transmissi distribusi PLN 20KV, 70KV - 150KV, dibeberapa lokasi sering kali mengalami gangguan akibat sambaran petir langsung dan menimbulkan  gangguan  serta kerusakan yang sering kali memutus supply listrik PLN.  Di beberapa daerah sepertiJawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa-Barat (Garut, Karawang, Bandung Barat)  Di PLN AP2B Balikapapan Samarinda Kalimantan Timur  dan juga PLN Batam, sebagai contoh  Penangkal Petir ZEUS telah digunakan untuk  proteksi  Tower Transmisi Distribusi PLN 20 - 70 dan 150 KV..

                                 

                                    Penangkal Petir dan ZEUS Lightning Event Counter ( LEC ) di Tower PLN  20KV - 150KV

           

                              Diskusi Comprehensive dengan GM & Manajer PLN AP2B wilayah Kalimantan Timur .

Sebelum Instalasi pemasangan Proteksi Petir dilakukan,di kantor pusat PLN AP2B wilayan Kalimantan Timur sebuah forum diskusi  dilakukan yang dihadiri oleh GM dan Manajer PLN wilayah. Forum diadakan untuk menjelaskan dan mendiskusikan, proteksi petir apa yang cocok digunakan untuk PLN wilayah tersebut. Dr. Ir.Reynaldo Zoro expert bidang proteksi petir dari STIE-ITB dan Pimpinan Stasiun Peneliti Petir ITB, menceritakan proteksi yang akan dipasang dan juga menjelaskan contoh dan experience beliau dalam menangani  kasus gangguan petir diseluruh PLN wilayah di Indonesia.  Analisa dan Diskusi yang comprehensive sebelum memasang proteksi petir di Tower PLN amat penting agar supaya dapat dilakukan koordinasi dengan bagian terkait dan menghindari kesalahan dalam pemasangan.

LEC Lightning Event Counter ZEUS digunakan untuk mencatat jumlah sambaran petir dan dilengkapi dengan pita magnetik yang berfungsi mencatat besarnya KAmps dari petir tersebut. Data record yang dicatat oleh LEC dan pita magnetik sangat penting untuk program maintenance dari tower tersebut dan juga dapt digunakan untuk data research PLN. Pembacaan data petir yang tercatat dalam pita Magnetik dilakukan dengan cara kalibrasi dengan Osciloscoop dimana besarnya petir Kamps dapat diketahui.

Dibeberapa titik koordinat yang rawan petir, tiang jaringan distribusi transmisi PLN 20KV, 50KV, 70KV, 150KV ,sering kali mengalami gangguan petir hingga terputusnya supply listrik. Di Tower PLN, gangguan sering disertai dengan rusaknya trafo, atau isolator pecah meskipun di tower tersebut telah dipasang arrester tegangan menengah.

   
 Pemasangan Zeus ESE Early Streamer di Tower 70KV PLN  Bandung Barat

Berapa langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kehandalan tower transmisi dan distribusi listrik antara lain :
1.  Analisa sistim grounding dan memperbaiki kawat tanah, 
2.  Reposisi penempatan lightning arrestor sedekat mungkin dengan trafo.
3.  Memasang Penangkal Petir ZEUS lengkap dengan Lightning Event Counter dan Pita Magnetik guna meningkatan kehandalan tower tersebut.

Dengan melakukan ke-3 butir langkah diatas, tower PLN dimaksud, maka untuk tower yang sering bermasalah karena petir  akan terlindungi sepenuhnya  dari gangguan langsung dari petir.  Penentuan koordinat lokasi tower tegangan menengah atau tegangan tinggi PLN dapat dilakukan dengan :  melihat record gangguan dr tower PLN tsb,  kemudian melakukan  cross-chek dengan Data Petir LPATS (Lightning Position  & Tracking Sistim) yang dimiliki kami dan survey ke lokasi koordinat tower PLN tersebut.
      
                       Scada Office - GI Harapan Baru                                              Tower Telcom & Scada
                                      PLN AP2B  wilayah Kaltim                                       PLN  AP2B Wilayah Kaltim Balikpapan


Zeus L.E.C  Lightning Event Counter dan Alat Ukur Pita Magnetik
terpasang di Tower PLN dan Tower Telekomunikasi Scada di G.I Harapan Baru Balikpapan

         
Tower 139 dan Tower 154 PLN Samarinda-Kalimantan Timur

Proteksi Petir di Tower PLN  20KV, 70 KV, 120 KV di  PLN AP2B Samarinda & Balikpapan Kalmantan Timur. Kota Balikpapan & Samarinda di Kalimantan berada dekat dibawah khatulistiwa dimana aktivitas petir relatif sangat tinggi. Tower PLN 20, 70,150, 500KV sering kali mengalami gangguan petir yang menyebabkan black-out sehingga aliran listrik terganggu.

Dibeberapa titik seperti PLN Tower 139 dan Tower 154 di Samarinda, serta Tower Telekom Scada di G.I Harapan Baru Balikpapan, secara khusus memasang Proteksi Petir. Sebelum dipasang proteksi petir gangguan yang timbul sering kali diakibatkan antara lain oleh Back Flash Over  setelah Tower PLN tersebut disambar petir langsung dimana meng-akibatkan tegangan pada tower naik sedemikian tinggi.  Kerusakan  yang mungkin terjadi pada tower PLN dapat berupa isolator pecah, trafo step-up terbakar meledak, arrester tegangan tinggi rusak terbakar, kawat putus dan lainnya.

Penempatan alat LEC Lightning Event Counter dan Pita Magnetik oleh Lab-Tegangan Tinggi ITB (STIE-ITB) sangat diperlukan unutk dapat meng-ukur besaran petir yang menyambar tiang dan juga jumlah sambaran yang mengenai tower tersebut. Dari data yang di-record  dapat kita analisa apakah arrester tegangan tinggi terpasang di Tower PLN tersebut sudah cocok dan mencukupi atau belum.




Jl.Mampang Prapatan XV No:18 Jakarta-12790 Indonesia

Phone:+62-21-70095480 or  70969810   Fax : +62-21-7988443

email: cws3@indosat.net.id  contact@zeusprima.com zeusprima@yahoo.com

website:  www.zeus-prima.com



© 2014 • Powered by BasicPagesInstall BasicPagesweb hosting