penangkal petir


Penangkal Petir Menara Telkom

Grounding Bonding Penangkal Petir dari Telkom Tower sangat penting agar tower telekomunikasi dan juga kontrol room yang berhubungan dan berdekatan dengan menara tersebut aman dari bahaya gangguan petir  Sering kali menara telekomunikasi meskipun telah memiliki penangkal petir namun tetap saja mengalami gangguan. Dampak terhadap peralatan elektronik dalam ruang kontrol dapat melalui  konduksi melalui kabel ataupun metalic parts yang terhubung dari tower telkom ke ruang kontrol.  Selain itu dapat pula melalui induksi dari arus petir yang menyambar tower telekom tersebut.  Dampak induksi elektromagnetik petir dapat mempengaruhi peralatan elektronik disekitarnya hingga radius s/d 2.000 meter dari pusat sambaran. 

     
       

Telekomunikasi Tower PT.Indosat di Cisarua


Induksi elektromagnetik yang ditimbulkan petir bisa mancapai radius 2.000 meter. Hal ini yang menjadi sebab mengapa peralatan elektronik / mikro elektronik, komputer / mikro komputer dan peralatan telekomunikasi seperti PABX / tilpon dalam komplek perumahan sekitar tower telkom yang tinggi, sering mengalami gangguan dan bermasalah meskipun anatar tower telkom dan perumahan tersebut tidak ada hubungan langsung melalui kabel atau media konduktive lainnya.



Gangguan  pada menara telekomunikasi dan  dapat menimbulkan kerusakan peralatan di ruang kontrol dapat terjadi antara lain karena;

1. Air-Terminal Penangkal petir termasuk  kabel down-conductor tidak berfungsi..
2. Kabel down konduktor tidak berfungsi optimal karena shielding (isolasi) kabel pecah, atau konektor joint antara kabel down-conductor dan air terminal dibagian paling atas tidak terhubung  dengan baik karena rusak atau salah pasang.
3. Grounding yang tidak memadai atau kaki tower tidak memiliki grounding yang baik
4. Perbedaan earth resistance (ground resistance) antara nilai tahanan tanah kaki tower dan nilai tahanan tanah control room.
5. Belum terpasang Surge Arrester atau Penangkal Petir Internal dibagian in-coming line di jaringan incoming line listrik,  jaringan (kabel) data ataupun  incoming kabel antenna. sehingga arus petir yang mungkin timbul karena konduksi atau induksi elektromagnetik yang masuk dalam ruang kontrol tidak ter-proteksi.



Jl.Mampang Prapatan XV No:18
Jakarta-12790 Indonesia

Phone:+62-21-798.8443 dan +62-811.996.9810

Fax: +62-21-7988443

email: cws3@indosat.net.id   

contact@zeusprima.com  zeusprima@yahoo.com

website:www.zeus-prima.com


© 2018 • Powered by BasicPagesInstall BasicPagesweb hosting